AVATAR

Label:

Status Produksi : Sudah diluncurkan
Genre : Fiksi
Durasi : 160 menit
Peluncuran : 18 Desember 2009
Distributor : 20th Century Fox
Studio : 20th Century Fox
Production Co.: Lightstorm Entertainment
Lokasi Pembuatan : Los Angeles, California, New Zealand, Oahu, Hawaii
Diproduksi di : United States
Aktor dan Aktris : Sam Worthington sebagai Jake Sully, Zoe Saldana sebagai Neytiri, Sigourney Weaver sebagai Grace, Stephen Lang sebagai Colonel Miles Quaritch, Michelle Rodriguez sebagai Trudy Chacon, dan Giovanni Ribisi sebagai Parker Selfridge
Sutradara : James Cameron
Fantastis, mungkin itulah kata yang pas untuk menggambarkan film karya James Cameron berjudul Avatar. Setelah hampir 12 tahun memproduksi film terlaris sepanjang sejarah Titanic (1997), sutradara asal Kanada ini kembali membesut film yang benar-benar menampilkan sesuatu yang luar biasa, menonton film ini seperti dibawa ke dunia lain yang berhasil diciptakan oleh imajinasi yang tak berujung. Avatar sendiri bercerita tentang seorang mantan marinir Jake Sully (Sam Worthington) yang cacat akibat pertempuran di bumi. Dirinya terpilih menggantikan kakaknya dalam program Avatar yang bisa mengembalikan kondisinya kembali normal. Akhirnya Jake dan para tentara bumi menuju planet bernama Pandora. Di tempat yang dihuni oleh suku aslinya bernama Navi ini, manusia mencoba mencari sebuah sumber mineral baru untuk di tambang.
Kedatangan manusia di Pandora inilah konflik mulai terjadi, karena Navi yang merasa memiliki planet ini melawan agar manusia pergi dari planet mereka. Namun usaha dilakukan manusia agar bisa memahami dan berkomunikasi dengan para Navi ini. Salah satu caranya adalah menciptakan manusia secara genetis dibesarkan Navi hibrida yang dikenal sebagai “Avatar”. Karena manusia tidak bisa bernapas normal di Pandora. Melalui teknologi canggih yang bisa menghubungkan Avatar dan pikiran manusia, akhirnya Jake dan Dr. Grace Augustine (Sigourney Weaver) berhasil mengendalikan Avatar yang sangat mirip dengan suku Navi, tujuannya adalah untuk memahami perilaku suku Navi.
Banyak sekali gambar-gambar yang luar biasa di film ini, untuk pengambaran Pandora sebagai sebuah planet, salah satunya adalah daratan yang mengambang di udara. Yang lengkap dengan air terjun yang airnya mengalirnya bukan kelaut, melainkan jatuh ke udara. Hemm….bisa Anda bayangkan! Selain itu kita juga bisa melihat binatang-binatang aneh yang diciptakan oleh James. Salah satunya adalah binatang sejenis kuda yang memiliki enam kaki, serta badak yang memiliki cula seperti ikan Hiu Palu.
Tidak hanya itu, sang sutradara sepertinya belum puas membawa penonton hanya sampai disitu. Kita juga akan melihat flora yang ada di Pandora sangat indah. Salah satunya adalah jamur yang setinggi 3 meter dalam sekejap menguncup kecil, layaknya daun putri malu yang tersentuh tangan. Selain itu kita juga akan melihat pesawat helikopter sebesar kapal induk menghancurkan pohon yang sangat besar, yang merupakan rumah para suku Navi.
Imajinasi yang digambarkan begitu luas seolah tiada habisnya, sang sutradara sepertinya ingin membawa penonton seperti berada di Pandora. Ditambah lagi dengan teknologi tiga dimensi di film ini, membuat suasana menjadi lebih hidup dan menegangkan. Film yang kabarnya menghabiskan dana sampai Rp. 2,5 triliun ini memang sangat layak untuk ditonton. Selain itu film ini juga mengandung pesan moral yang sangat sesuai dengan apa yang sedang terjadi di bumi kita.

0 komentar:

Posting Komentar